JURUSAN/PROGRAM STUDI :

JURUSAN/PROGRAM STUDI : (1) Ilmu Administrasi Negara (S1) & (2) Ilmu Pemerintahan (S1)

Minggu, 29 Mei 2011

Cerita Mahasiswa: Kuliah Kerja Mahasiswa di Desa Palembang Kec. Cisata sangat mengesankan


Hari ini Kamis Pagi tepat tanggal 27 Januari 2011 pukul 08.00 – 16.00 WIB.  KKM STISIP Banten Raya kelompok VII yang di dampingi DPL harus segera melakukan koordinasi dengan pemerintah desa Palembang .
Kemudaian melakukan Persiapan awal yang dilalui dengan silaturahmi kepada Kepala desa, BPD dan aparat setempat.
Dalam koordinasi awal ini, Peserta KKM memperkenalkan diri dengan menyampaikan kartu identitas, surat penugasan serta melakukan hal-hal sebagai berikut :
a.       Menyampaikan SK Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 30/D/0/2004 tentang Ijin Operasional STISIP Banten Raya.
b.      Menjelaskan kepada aparat desa bahwa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Secara ideal, penyelenggaraan KKM seyogyanya dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KKM) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperolehnya selama dalam perkuliahan, sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Kedua, KKM dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ketiga, KKM merupakan media untuk membangun kemitraan antara lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai upaya untuk membangun citra sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang promosi perguruan tinggi yang bersangkutan
c.       Memberikan penjelasan singkat mekanisme pelaksanaan tahapan program 

Di sini mahasiswa dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membahas kegiatan-kegiatan awal yang mendesak seperti : Menyebarluaskan informasi KKM STISIP Banten Raya kepada seluruh Anggota KKM Kelompok VII dan masyarakat desa Palembang dalam rapat di tingkat desa serta tahapan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar