JURUSAN/PROGRAM STUDI :

JURUSAN/PROGRAM STUDI : (1) Ilmu Administrasi Negara (S1) & (2) Ilmu Pemerintahan (S1)

Sabtu, 04 Juni 2011



Lembaga Pendidikan Harus Fokus Pada Ideologi Pancasila

JAKARTA - Mantan Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, mengimbau agar lembaga negara yang berhubungan dengan pendidikan dapat memberi pembelajaran terkait empat pilar nilai-nilai kebangsaan Indonesia, khususnya terkait Ideologi Pancasila. Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga negara yang bertanggung jawab pada penyelenggaraan sistem pendidikan nasional untuk dapat memastikan kembali agar mata pelajaran ideologi Pancasila beserta penggalinya dapat diajarkan dengan baik dan benar,"  ujar Megawati dalam Peringatan Pidato Hari Pancasila tanggal 1 Juni 1945, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/6/2011).

Hal itu, kata Mega, penting untuk dilakukan agar dapat memupuk ideologi kebangsaannya. Selain itu, Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengapresiasi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang telah melakukan sosialiasi empat pilar Indonesia.

"Saya memberi apresiasi MPR yang sudah bersusah payah mensosialisasikan empat pilar negara. Sosialisasi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi RI, NKRI sebagai bentuk final negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai sistem sosial bangsa Indonesia," imbuhnya.

Di samping itu, Mega juga mengimbau seyogyanya sosialisasi empat pilar juga dilakukan pada seluruh elemen bangsa Indonesia. "Tidak hanya menjadi tanggung jawab MPR RI, tetapi menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga lainnya, baik di tingkat pusat maupun daerah dan juga dilakukan oleh segenap komponen bangsa," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar